Capaian Pembelajaran

logo seatrans kecil

Capaian Pembelajaran

Tujuan dari pendidikan adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tertentu. Kompetensi lulusan merupakan cerminan dari capaian pembelajaran minimum sebuah program studi. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Sarjana mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level-6. CPL ini diselanjutnya merupakan dasar dalam penyusunan kurikulum prodi sarjana. Informasi tentang KKNI dapat dilihat di sini.

Rumusan CPL prodi Sarjana disusun dalam 4 (empat) parameter utama yaitu:

  1. Sikap
  2. Ketrampilan Umum
  3. Ketrampilan Khusus
  4. Penguasaan Pengetahuan

Deskripsi CPL

SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keaneka-ragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna; dan
  12. Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.
KETRAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
  11. Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan;
  12. Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya; dan
  13. Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi.
KETRAMPILAN KHUSUS
  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip dasar rekayasa perancangan kapal dan pelabuhan untuk menyelesaikan masalah kompleks di bidang rekayasa transportasi laut;
  2. Mampu menyelesaikan masalah di bidang rekayasa transportasi laut berdasarkan prinsip perancangan konseptual kapal dan konseptual pelabuhan dengan mempertimbangkan faktor keamanan, keselamatan, kelestarian lingkungan laut dan ekonomi, meliputi:
    • mengidentifikasi, memformulasi dan menganalisis permasalahan di bidang rekayasa transportasi laut (meliputi: pelayaran dan pelabuhan) melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi terkait;
    • mengusulkan solusi terbaik untuk masalah di bidang rekayasa transportasi laut;
    • merancang konseptual kapal dan konseptual pelabuhan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, operasional, finansial, ekonomi dan lingkungan laut;
    • memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas di bidang rekayasa transportasi laut.
  3. Mampu menyelesaikan perencanaan jaringan transportasi laut dan multimoda dengan pendekatan teori optimasi; dan
  4. Mampu menerapkan prinsip dasar ekonomi dan manajemen untuk menyelesaikan permasalahan di bidang rekayasa transportasi laut dan multimoda.
PENGUASAAN PENGETAHUAN
  1. Konsep teoretis sains alam dan matematika rekayasa secara umum;
  2. Konsep teoretis ekonomi dan manajemen secara umum;
  3. Konsep teoretis bangunan dan perancangan kapal secara umum, yang diperlukan di bidang rekayasa transportasi laut;
  4. Konsep teoretis perencanaan pelabuhan secara mendalam, yang diperlukan di bidang rekayasa transportasi laut;
  5. Konsep teoretis optimasi dan perencanaan jaringan secara mendalam;
  6. Konsep teoretis perencanaan armada kapal secara mendalam;
  7. Konsep umum, prinsip, dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik; dan
  8. Wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa transportasi laut.