ALUMNI

logo seatrans kecil

Alumni Seatrans

Kelompok Alumni

Pada tahun 2004, Jurusan Teknik Perkapalan (sejak 2017 menjadi Departemen Teknik Perkapalan) membuka bidang studi transportasi laut dalam upaya untuk mendirikan Jurusan Transportasi Laut secara mandiri. Upaya ini diawali dengan penyusunan kurikulum khusus bidang transportasi laut disamping kurikulum Teknik Perkapalan sendiri. Oleh karena itu, sejak tahun  2004 di Jurusan Teknik Perkapalan berlaku 2 (dua) kurikulum yaitu:

  1. Kurikulum Teknik Perkapalan untuk bidang selain Transportasi Laut, dimana mahasiswa melakukan pemilihan bidang studi pada semester VII.
  2. Kurikulum Teknik Perkapalan bidang studi transportasi laut, dimana mahasiswa melakukan pemilihan bidang studi pada semester III.

Dengan demikian, mahasiswa Teknik Perkapalan yang pada tahun 2004 ada di semester 3 (mahasiswa angkatan 2003) dan memilih bidang studi transportasi laut, telah mengikuti kurikulum khusus transportasi laut.

Pada tahun 2011, bidang studi transportasi laut resmi berdiri sebagai Jurusan dan sudah diijinkan untuk menerima mahasiswa sendiri untuk TA 2011/2012. Kurikulum yang digunakan adalah sama dengan kurikulum yang digunakan ketika masih berada dibawah Jurusan Teknik Perkapalan (2009-2014). Pada tahun 2014 hingga saat ini berlaku kurikulum yang berdiri sendiri dan berlaku hingga 2019.

Dengan demikian, terdapat 2 (dua) kelompok alumni seatrans, yaitu:

  1. Alumni kelompok 1, adalah alumni Teknik Perkapalan yang mengambil bidang studi Transportasi Laut
  2. Alumni kelompok 2, adalah alumni setelah Jurusan Tansportasi Laut resmi berdiri

Tracer Study

Dear Alumni Seatrans,

Sehubungan dengan keinginan kami untuk tetap menjaga hubungan baik, kami secara berkala melakukan studi pelacakan (tracer study) terhadap para alumni sekalian. Berkaitan dengan hal tersebut, kami bekerjasama dengan Himupunan Mahasiswa Teknik Transportasi Laut (HIMASEATRANS) saat ini sedang melakukan pembaruan database alumni.

Pembaruan database alumni ini bertujuan agar Departemen dan Himaseatrans dapat senantiasa menjaga hubungan baik dengan para alumni sekalian. Seluruh data yang diberikan akan dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan yang dapat dipertanggung-jawabkan. Oleh karena itu, mohon kesediaan para alumni sekalian untuk mengisi form pada tracer study di sini.

Hasil sementara dari data yang telah berhasil kami kumpulkan untuk alumni kelompok 1 dan 2 adalah seperti yang tercantung pada data di bawah ini:

Alumni Seatrans

Sebaran Bidang Pekerjaan

Kategori lainnya meliputi: wiraswasta, perbankan, galangan kapal, survei & inspeksi, pertambangan, konstruksi dan sosial

Survei Pengguna Lulusan

Survei ini ditujukan kepada para pengguna lulusan dari Departemen Teknik Transportasi Laut, FTK ITS untuk mengetahui tingkat kepuasaan dari para pengguna lulusan terhadap kinerja dari lulusan kami. Terdapat 7 (tujuh) kemampuan berdasarkan standar dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menjadi dasar penilaian bagi para pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan Sarjana (S1) kami.

Hasil dari form survei ini akan kami jadikan acuan dalam pembenahan kurikulum dan metode pembelajaran guna menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.  Mohon kesediaan Bapak/ Ibu untuk mengisikan form survei pengguna lulusan di sini.