CALON MAHASISWA

logo seatrans kecil

Selamat Datang Calon Mahasiswa

Mengapa Memilih Seatrans?

Indonesia adalah NEGARA MARITIM terbesar di dunia dengan hampir 2/3 wilayahnya berupa perairan. Takdir ini sejatinya merupakan modal dasar bagi pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahateraan masyarakatnya.

Sebagai negara maritim, beberapa tantangan besar Bangsa Indonesia yang masih menuntut penyelesaian menyeluruh diantaranya adalah: pemerataan ekonomi wilayah Barat dan Timur Indonesia, Sistem Logistik Nasional, Penguatan Konektivitas Nasional yang terintegrasi dan lain-lain. Transportasi Laut merupakan salah satu sektor yang dapat memberikan kontribusi untuk meminimalisir persoalan-persoalan di atas.

Oleh karena itu, guna memanfaatkan secara optimum takdir sebagai bangsa maritim, diperlukan putra-putri bangsa yang terdidik dan memiliki kompotensi khusus dalam bidang Transportasi Laut.

ITS sebagai perguruan tinggi teknik terbesar di kawasan Timur Indonesia telah dicanangkan sebagai pusat pengembangan kemaritiman nasional. Hal ini telah tertuang dalam visi ITS yaitu:

"Menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang menunjang industri dan KELAUTAN yang berwawasan lingkungan"

Apa yang Dipelajari?

Masih banyak anggapan yang salah tentang kami. Kami TIDAK mendidik mahasiswa untuk menjadi PELAUT. Jika anda tertarik menjadi pelaut, anda dapat menempuh pendidikan di sekolah tinggi ilmu pelayaran atau yang sejenis.

Di departemen ini, anda akan belajar tentang perancangan konseptual kapal, perencanaan operasional kapal, perencanaan konseptual pelabuhan, manajemen pelabuhan, perencanaan logistik maritim, dan penerapan ICT (Information Communication Technology) pada bidang transportasi Laut. Informasi selengkapnya tentang apa yang akan anda pelajari dapat dilihat di kurikulum.

Bagaimana Cara Masuk Seatrans?

Penerimaan mahasiswa baru di DTLL dilakukan secara bersama-sama seluruh ITS. Proses penerimaan calon mahasiswa baru dilakukan melalui tiga jalur yaitu:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); dan
  3. Seleksi Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

Proporsi penerimaan calon mahasiswa baru pada masing-masing jalur seleksi tersebut adalah: 30% untuk jalur SNMPTN, 40% untuk jalur SBMPTN dan 30% untuk jalur PKM.

Informasi selengkapnya ke-tiga jalur masuk tersebut dapat dilihat di sini,

Fasilitas Apa Saja yang Dimiliki?

Fasilitas Departemen

Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang proses belajar mengajar.

Laboratoroium yang terdiri atas laboratorium Transportasi Laut dan Logistik, Laboratorium Infrastruktur dan Kepelabuhahan, dan Laboratorium Komputasi.

Ruag Baca Fakultas yang dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa di Fakultas Teknologi Kelautan

Himpunan Mahasiswa (HIMASEATRANS) sebagai wadah mahasiswa untuk beraktivitas dan berkreasi. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Fasilitas ITS

Perpustakaan pusat ITS dengan gedung 6 lantai yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika ITS. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini

Asrama Mahasiswa, merupakan fasilitas yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru ITS. Anda berhak menggunakan fasilitas asrama ini. Keterangan selengkapnya dapat dilihat di sini.

Fasilitas Olah Raga. ITS mengelola sejumlah fasilitas olah raga yang dapat digunakan seluruh sivitas akademika ITS, selain pihak luar. Fasilitas olah raga yang tersedia antara lain, stadion sepak bola, lapangan bulutangkis, futsal, bola basket, bola volley, panjat tebing dan lain-lain. informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Bagaimana Prospeknya?

Program pendidikan di Departemen Teknik Transportasi Laut dirancang untuk memberikan bekal yang cukup bagi alumni untuk memasuki dunia profesional. Integrasi pengalaman profesional para staf pengajar merupakan bagian penting dalam program ini dalam membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan yang terkini.

Dengan berbekal pengetahuan konsep dasar perancangan kapal, perancangan pelabuhan serta pengetahuan aspek ekonomi, manajemen dan keuangan, mahasiswa dilatih untuk dapat melakukan proses pengambilan keputusan secara tepat.

Selama Indonesia masih sebagai negara kepulauan, maka prospek kerja bagi pada alumni masih sangat terbuka lebar. Guna mendapatkan gambaran bidang pekerjaan apa saja yang terbuka bagi alumsi seatrans, silahkan lihat di laman alumni (klik disini). Spektrum prospek pekerjaan baik dari sektor industri maupun pemerintahan dapat dilihat sebagai berikut:

Industri

  1. Perusahaan pelayaran
  2. Kepelabuhanan
  3. Freight forwarder
  4. Galangan kapal
  5. Perikanan
  6. Perbankan (ketika meminjamkan kredit untuk pengadaan kapal, maka perlu orang yang paham akan operasional kapal)
  7. Minyak dan gas
  8. Industri manufaktur yang membutuhkan transportasi untuk pengiriman produknya
  9. Dan lain-lain

Pemerintahan

  1. Kementerian Perhubungan & Dinas perhubungan
  2. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  3. Kementerian Perindustrian
  4. Kementerian Perdagangan
  5. Badan Perencanaan & Pembangunan Nasional/ dan Daerah
  6. Kementerian Ristek Dikti
  7. Dan lain-lain

Unduh Booklet Seatrans di sini

Jangan ragu, Gabunglah bersama kami

"See the future, Sea is the future"