Internal Audit oleh SPMI – ITS 2017

Posted on Posted in Pendidikan

Pada hari Jum'at, 28 Oktober 2017, Departemen Teknik Transportasi Laut kedatangan 2 (dua) auditor dari Satuan Penjaminan Mutu Internal ITS (SPMI - ITS) yaitu A.A. Bagus Dinariyana Dwi P., ST, MES, Ph.D. dan Ir. Arif Musthofa, MT. Kegiatan audit internal ini dilakukan setiap tahun guna menjaga agar organisasi, termasuk proses administrasi dan belajar mengajar pada tingkat departemen dapat dilakukan dengan mutu yang baik. Sistem penjaminan mutu dilakukan secara terstruktur sesuai dengan sistem penjaminan mutu yang diberlakukan oleh ITS. Terdapat 11 standar yang menjadi acuan dalam penilaian mutu pada tingkat departemen, yaitu:

Standar 1Visi dan MisiStandar 7Penelitian
Standar 2Tata KelolaStandar 8Pengabdian Kepada Masyarakat
Standar 3Mahasiswa dan LulusanStandar 9Kerjasama
Standar 4Sumber Daya ManusiaStandar 10 Internal
Standar 5Pembelajaran dan Suasana AkademikStandar 11AUN-QA
Standar 6Prasarana,Sarana dan Keuangan

Selama kurang lebih 3 (tiga) jam proses internal audit dilakukan dengan diskusi dan penyampaian bukti dari hasil kinerja departemen, maka diperoleh nilai total akhir departemen adalah 372. Dari hasil penilaian tersebut, terdapat beberapa standar yang perlu menjadi sorotan utama dari departemen guna perbaikan kedepannya yaitu standar 4 tentang sumber daya manusia dan standar 5 tentang pembelajaran dan suasana akademik.

Sebagai informasi, Departemen Teknik Transportasi Laut sedang mengajukan re-akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN - PT) , dimana dalam tahun ini diharapkan departemen dapat memperoleh nilai akreditasi "A". Oleh karena itu, proses internal audit oleh Tim SPMI ITS sangat membantu dalam proses pencapaian nilai akreditasi "A".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *