Kemenhub Gandeng ITS untuk Pengembangan Tol Laut

Posted on Posted in Kerjasama

Pada perayaan Dies Natalis ITS ke-57 pada hari Jum'at, 10 Nopember 2017 kemarin, ITS mendapatkan kado spesial dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) yaitu dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) di Gedung Rektorat lantai 1 ITS. MoU tersebut terkait dengan dukungan terhadap program tol laut. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyatakan bahwa adanya tol laut saat ini sudah mampu menekan angka disparitas sebesar 20%. Namun, program tol laut ini masih membutuhkan peningkatan, khususnya dalam hal kebutuhan kapal. Oleh karena itu, Kemenhub membutuhkan rekan dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan. "ITS dirasa mampu memberikan masukan atau riset untuk meningkatkan program tol laut beserta kapal untuk tol laut. Sumbangsih riset dan inovasi dari ITS diharapkan dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada saat ini, misalnya muatan kapal untuk tol laut yang belum maksimal, kapal yang digunakan masih kapal buatan luar negeri dan juga masih terdapat masalah tracking atau pelacakan kapal.

Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana. M.Sc.ES., Ph.D. mengatakan bahwa universitasnya selama ini sudah sangat maju dalam sektor kemaritiman sehingga sangat siap membantu pemerintah memajukan tol laut. "Kita sudah mampu dan maju menciptakan perlengkapan maritim dan akan mendukung Kemenhub menyukseskan tol laut," katanya.

Prof. Dr. Ir. Ketut Buda Artana, M.Sc., selaku Wakil Rektor ITS bidang Inovasi, Kerja Sama, Kealumnian dan Hubungan Internasional, menyatakan bahwa ada beberapa peluang dari kerjasama ini, yaitu memberikan kesempatan kepada sumber daya manusia (SDM) di Kemenhub untuk studi lanjut program S2 dan S3 di ITS, penyelenggaraan pelatihan dan workshop, joint research, joint funding dan kerjasama pengembangan technopark.

Ketut juga memaparkan beberapa inovasi ITS (dari Departemen Teknik Transportasi Laut) yang telah digarap dan bisa digunakan dalam peningkatan program tol laut, yaitu Standar perhitungan konsensi pelabuhan, Freight calculator operational armada kapal untuk rute tol laut, Pengembangan floating infrastructure. Selain itu, terdapat juga produk bidang telematika transportasi laut, yaitu: Penerapan Intelligent Transportation System dalam bidang transportasi laut.
Acara Penutupan dan Sesi Foto Bersama
KaDep. Teknik Transportasi Laut (kiri) dengan Kemenhub RI (kanan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *