Sosialisasi TA Seatrans

Sosialisasi Tugas Akhir

Posted on Posted in Pendidikan

Dalam rangka untuk meningkatkan derajat kelulusan Tugas Akhir tepat waktu, Departemen Teknik Transportasi Laut menerapkan prosedur baru dalam pengerjaan Tugas Akhir (TA) yang akan dimulai pada semester ini yaitu semester gasal 2017/2018. Prosedur baru TA disosialisasikan kepada seluruh dosen, mahasiswa yang telah mengambil TA tetapi belum lulus dan mahasiswa yang berencana mengambil TA pada semester ini. Sosialisasi diselenggarakan pada hari Selasa, 22 Agustus 2017 di Ruang Empu Nala dengan dihadiri oleh 35 mahasiswa.

Penyampaian materi dalam acara sosialisasi dipandu oleh Sekretaris Departemen Teknik Transportasi Laut, Firmanto Hadi, ST, M.Sc., beserta tim dosen. Dalam penyampaiannya, Firmanto menegaskan bahwa tahapan pengerjaan TA terdiri atas ujian proposal, sidang terbuka dan sidang tertutup. Dengan demikian sidang progres yang selama ini ada menjadi ditiadakan dan digantikan dengan adanya sidang terbuka. Tujuan dari pelaksanaan sidang terbuka ini adalah untuk melatih kesiapan mental dari mahasiswa dalam menyampaikan hasil pekerjaannya di depan dosen dan mahasiswa juniornya. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk memahami benar permasalahan yang diangkat dalam TA beserta solusi yang ditawarkan. Hal ini akan menjadi pelajaran yang baik bagi para mahasiswa junior yang menjadi peserta dalam sidang terbuka tersebut.

Sosialisasi prosedur baru TA ini ditanggapi dengan antusiasme tinggi oleh para mahasiswa, terbukti dengan diskusi panjang antara mahasiswa dan dosen selama acara berlangsung. Sebelum acara ditutup, salah satu dosen muda Departemen Teknik Transportasi Laut, Achmad Mustakim, ST, MT, MBA, meminta mahasiswa yang berencana untuk mengambil TA untuk menjelaskan secara singkat tentang ide yang akan diangkat sebagai topik pada ujian proposal TA yang akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 Agustus 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *