Studi Ekskursi Mahasiswa Transportasi Laut 2015

Posted on Posted in Kerjasama, Pendidikan

Study Excursion tahunan kembali dilaksanakan jurusan Transportasi Laut dengan tujuan untuk menambah serta bertukar ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa dan mahasiswi nya. Tahun 2015 kali ini dengan tema Advancing Technology  jurusan Transportasi Laut mengadakan Study Excursion ke Singapura pada tanggal 26 Oktober 2015 – 28 Oktober 2015. Jurusan dan panitia menginisiasi kegiatan ini dengan kunjungan ke 3 perusahaan yang sesuai dengan mata kuliah pilihan seperti pelabuhan, pelayaran, dan logistik.

Kunjungan hari pertama mahasiswa dan mahasiswa yaitu salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, Port of Singapore Authority (PSA). Dengan kunjungan ke terminal PSA di daerah Pasir Panjang mahasiswa-mahasiswi mendapatkan pengalaman berharga selain belajar mengenai bagaimana cara mengatur pelabuhan, fasilitas pelabuhan, dan tentunya mengenai bisnis pelabuhan sendiri mereka memiliki kesempatan melihat kapal yang masuk dalam kategori mega vessel dengan ukuran sekitar 18.000 TEU’S. Hal ini sangat jarang ditemui di Indonesia mengingat keadaan draught di pelabuhan-pelabuhan Indonesia yang belum bisa menampung kapal sebesar itu. Representative PSA juga mengatakan bahwa Singapura tepat menjadi transshipment terminal karena alur pelayaran dunia.

Keesokan hari nya (27/10) peserta Study Excursion 2015 mendapat kesempatan dan sambutan hangat di Sembawang Shipyard dan Thome Ship Management. Setelah mendapatkan materi umum mengenai galangan di Sembawang ini peserta diajak berkeliling ke galangan untuk melihat proses-proses reparasi kapal. Dengan dibagi kelompok kecil para peserta antusias dan berdiskusi mengenai hal dan proses yang dilakukan di galangan ini. Selain di kawasan Sembawang, galangan dibawah perusahaan Sembcorp Marine ini juga memiliki cabang galangan di Batam dan Karimun, Indonesia. Perusahaan yang terakhir di kunjungi adalah Thome Group. Hong Leong Building di kawasan Raffles Quay, Singapore ini menjadi kantor pusat dari Thome Group yang menaungi beberapa anak perusahaan seperti Thome Ship Management, Thome Oil&Gas, Thome Offshore Management dan masih banyak lagi. Antusias peserta begitu besar ketika berdiskusi mengenai bisnis pelayaran dan manajemen kapal yang perusahaan ini telah lakukan. “saat kunjungan kemarin (di Thome Group, red) saya memperhatikan beberapa ilmu yang berkaitan dengan mata kuliah yang ada di seatrans seperti basic ilmu perkapalan, manajemen risiko, analisis sistem dan dasar ilmu ekonomi. Dan ini membuka wawasan saya tentang prospek kedepan jurusan transportasi laut di dunia industri” cerita Maulana Yafie Danendra selaku ketua Himpunan Mahasiswa Transportasi Laut 2015-2016 yang menjadi salah satu peserta Studi Excursion 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *