Young Scientist Forum 2017

Posted on Posted in Kerjasama, Penelitian

Young Scientist Forum (YSF) roadshow di ITS merupakan kerjasama antara Australian National University (ANU) Indonesia Project dengan Departemen Teknik Transportasi laut-ITS. Latar belakang dari diselenggarakanya kegiatan ini adalah banyak ilmuwan muda Indonesia yang sedang belajar dan melakukan penelitian di institusi luar negeri di seluruh dunia, membuktikan bahwa para ilmuwan memiliki kompetensi ilmiah dalam penelitian ilmiah berkaliber internasional. Diawali pada tahun 2015, bekerja sama dengan Asosiasi Pelajar Indonesia di Amerika Serikat (PPIA), Proyek ANU Indonesia memprakarsai Young Scientist Forum (YSF) dengan membawa lulusan PhD (program doktor) yang sedang atau telah menyelesaikan penelitian beserta akademisi ke universitas-universitas di Indonesia dengan tujuan untuk:

  1.  berbagi pengalaman mereka, termasuk tantangan yang bekerja di lingkungan internasional;
  2.  berbagi penelitian dan inovasi mereka saat ini, dan bagaimana mereka berkontribusi untuk memajukan pengetahuan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan YSF ini akan mengilhami atau memberikan motivasi kepada mahasiswa dan akademisi muda untuk mempertimbangkan penelitian sebagai jalur karir, dan untuk melakukan topik penelitian yang inovatif dan terbaru.

Pada tahun 2017 ini, YSF dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Universitas Hassanudin dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Kegiatan YSF di ITS diselenggarakn pada tanggal 2 November 2017 di Aula BG Munaf Fakultas Teknologi Kelautan. ANU Indonesia Project diwakili oleh Ibu Lydia Napitupulu, sedangkan dari Departemen Teknik Transportasi Laut diwakili oleh Dr.-ing Setyo Nugroho. Berikut merupakan pembicara dan topik penelitian yang disampaikan dalam YSF:

  1. Wahyu Bambang Widayatno, PhD (Research Center for Physics, LIPI)
    • “Porous Materials for Catalytic Biomass Conversion”
  2. Satrio Wicaksono, PhD (World Resources Institute)
    • “From Lakes to Forests: A Small Research Contribution for a Resilient and Sustainable Environment in Indonesia”
  3. Dhimas Widhi Handani, ST., M.Sc. (Marine Engineering Department)
    • “Automatic Identification System (AIS) for Increasing Safety of Ship Traffic and Offshore Facilities in Indonesia”
Sesi Presentasi
Sesi Tanya Jawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *